BUAT KAMU YANG PENGEN PUNYA WEBSITE JUALAN ONLINE

Punya website jualan atau aplikasi untuk jualan itu penting banget… Tapi harus yang kayak apa yah?

Nah.. ACI sering banget dapat pertanyaan itu. Semua online shop pengen punya web jualan online. Banyak juga jasa buat toko online yang bagus banget. Nah, pertanyaannya, harus kayak apa sih website jualan online yang bagus itu?

Nah.. ACI sering banget dapat pertanyaan itu. Semua online shop pengen punya web jualan online. Banyak juga jasa buat toko online yang bagus banget. Nah, pertanyaannya, harus kayak apa sih website jualan online yang bagus itu?

Pentingnya punya website jualan online

Sebenernya kenapa sih harus punya web jualan online? Bukannya sekarang ada platform marketplace kayak Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak? Bahkan banyak loh yang sukses hanya jualan di Instagram atau bahkan WhatsApp. Terus pentingnya apa nih?

 

Nah… website jualan online untuk para pemilik online shop itu sebetulnya bukan cuman dibuat untuk jualan. Bahkan, kebanyakan penjualan ntar terjadinya di marketplace kok. Karena di marketplace promonya bisa ngikut promo marketplace itu sendiri. Banyak lagi. Ada gratis ongkir, ada diskon ongkir, ada cashback, dan lain-lain lah.

 

“Terus, buat apa dong punya website online shop?” 

 

Tentunya sebagai pencitraan dan alat untuk membangun kepercayaan pelanggan kamu. Beda kan, kalau kamu beli produk terus ada websitenya. Serasa lebih keren dan terpercaya aja tokonya. Kelihatannya simpel banget ya, tapi sebetulnya efeknya gede banget loh. 

 

Toko di marketplace itu banyak banget. Apalagi kalo di Instagram. 4x lipat lebih banyak dari di marketplace. Nah, kalau bersaing di sana, pelanggan itu butuh rasa aman pas dia beli barang di toko kamu. Nah, kalau kamu punya website, orang bakal berasa lebih aman karena merasa tokonya itu bukan toko kecil. Ini berdasarkan riset loh… bukan cuman pendapat ACI aja.

Terus cara buat web jualan online itu gimana dong?

Sebetulnya banyak banget jasa buat online shop yang bagus. Tapi, kalau kamu maunya custom, atau buat online shop dari 0, biayanya akan lebih mahal. Sebaliknya, banyak juga penyedia toko online instan yang bagus-bagus juga. Harganya cenderung lebih murah, karena sifatnya bayar bulanan. Jadi kamu ga perlu investasi terlalu besar di awal pembukaan online shop kamu.

 

“Terus pilihnya yang mana dong? Kalau banyak penyedia jasanya kan jadi bingung?”

 

Yang paling penting sebetulnya ada FITUR TOKONYA. Toko online kamu harus punya banyak fitur yang memudahkan jualanmu, serta memudahkan pelanggan kamu membeli barang dari kamu. Jadi, bukan hanya desainnya yang penting. Karena, bikin website toko online itu kurang lebih sama lah secara desain. Ada banner-nya, ada tampilan produknya, ada tombol buat beli atau masukin keranjang. 

 

Intinya, website penjualan itu sebetulnya mirip-mirip. Tapi, banyak juga yang menyediakan fitur ekstra buat memudahkan kamu jualan online. Kali ini ACI mau bahas fitur-fitur website penjualan apa yang harus kamu punyai supaya penjualan online kamu lancar.

Pengen punya website jualan online dengan fitur komplit?

1. Fitur koneksi dengan marketplace

Sekali lagi, penjualan itu lebih banyak terjadi di marketplace karena pelanggan bakal dapetin banyak promo dari marketplace kayak Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Nah, kamu bakal lebih mudah berjualan di sana kalo website jualan online kamu tersambung dengan marketplace tersebut.

 

Apa sih yang perlu disambungin? Yang paling pertama itu stok produknya. Kalo stok produk tersambung dan kamu mudah melakukan update stok kamu di marketplace, tentunya kerjaan kamu akan jauh lebih ringan daripada harus update stok di tiap marketplace satu-persatu. Akhirnya, waktu kamu bakal lebih banyak dihabisin buat kembangin toko kamu daripada urusin stok produk kamu.

 

Lebih bagus lagi kalau websitenya bisa upload produk ke marketplace juga. Jadi kalo kamu punya produk baru untuk dijual, waktunya ga habis buat upload barang satu persatu ke tiap marketplace.

2. Fitur untuk custom website kamu

Nah, ini berlaku buat kamu yang pake jasa toko online instan yah. Jadi, bukan buat kamu yang memang pakai jasa buat toko online secara custom. Kenapa sih ini penting?

 

Toko online kamu sebetulnya adalah wajah kamu di dunia penjualan online. Jadi, memang toko online itu kudu cantik. Bukan hanya sekedar ditempelin produk aja. Tapi, apa aja sih yang perlu kamu custom?

 

Yang pertama adalah bisa tampilin logo toko online kamu. Ini supaya bikin website toko online kamu dikenalin orang. Soalnya, kalau orang pergi ke toko online kamu dari marketplace atau dari Instagram, logonya harus sama dengan yang ada di marketplace dan Instagram. Belum punya logo toko online? Yuk cek artikel ini!

 

Yang kedua adalah bisa bikin banner. Banner ini penting karena banyak informasi yang bisa kamu tampilin di banner ini. Misalnya kalau kamu lagi promo, atau kalau kamu open reseller atau dropshipper mungkin. Kalau bannernya ada tulisan itu, plus ada link nya yang kalau bannernya di klik langsung bisa menuju halaman pendaftaran, bakal lebih mudah buat kamu untuk cari reseller atau dropshipper. Pengen punya banner toko online yang keren? Yuk cek artikel ini!

Mau punya website jualan online yang terkoneksi dengan marketplace kayak Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak?

3. Fitur koneksi dengan Instagram / WhatsApp

Nah, Instagram dan WhatsApp ini berguna juga loh buat tingkatin penjualan online kamu. Banyak juga orang yang berkeliaran di Instagram buat beli barang secara online. Dengan kata lain, calon pelanggan kamu tuh sebetulnya banyak banget yang berkeliaran di Instagram. Jadi, kalo website kamu bisa tersambung ke Instagram, bagus banget!

 

Nah, sambungin ke Instagram emang bukan via website sih. Tapi, via aplikasi untuk jualan. Karena, Instagram itu hidupnya di smartphone, bukan di website. Nah, alangkah kerennya kalau selain kamu punya website, kamu juga bisa punya aplikasi.

 

Terus apanya sih yang perlu disambungin? Nah, aplikasi jual beli barang yang bagus sih bukan hanya toko online yang disulap jadi bentuk aplikasi. Tapi, harus ada fitur untuk kamu bisa POST KE INSTAGRAM atau WhatsApp secara cepat dan mudah. Soalnya, kamu harus banyak banget post ke Instagram dalam sehari supaya toko kamu jadi lebih mudah ditemukan orang. Ingat, penjual di Instagram itu banyak, jadi kamu harus bener-bener gampang ditemukan supaya barangmu dibeli. Lebih lengkapnya kamu bisa cek di artikel ini.

4. (OPTIONAL) Fitur laporan penjualan

Sebagai penjual online, tentunya kamu butuh tahu dong untung sama rugi kamu. Apalagi kalau kamu ini reseller atau dropshipper yang margin keuntungannya ga setinggi importir atau produsen manufaktur. 

 

Nah, fitur laporan penjualan ini jadi penting supaya kamu bisa tahu tiap bulan kamu profit atau tidak. Kamu juga bisa tahu, barang mana yang perlu kamu stok lebih banyak, barang mana yang udah habisin aja stoknya terus ga usah distok lagi. Dari sini, kamu bisa bikin penjualan kamu lebih efektif lewat strategi baru atau lewat promo-promo bundling yang bisa kamu buat dari website jualan online kamu.

Pengen punya website plus aplikasi online yang tersambung ke Instagram dan WhatsApp? Yuk download aplikasi AdminCerdas Store!

Google Play

5. (OPTIONAL) Fitur sistem reseller

Nah, fitur ini bakal penting banget kalo kamu punya banyak reseller atau dropshipper. Jadi, memang fitur ini bukan untuk semua web jualan online. Kalau kamu punya banyak reseller, otomatis kamu punya harga diskon buat reseller kamu dong. Dan kalau kamu punya dropshipper, kamu perlu pastikan stok kamu selalu update ke mereka supaya jualan mereka juga makin lancar. Karena kalo jualan mereka lancar, berarti jualan kamu juga lancar. Jadi, sama-sama happy!

 

Fitur apa sih yang harus ada kalo kamu punya banyak reseller atau dropshipper? Yang pertama pastinya harga bertingkat. Ini penting banget supaya kamu jadi mudah jual barang ke reseller kamu. Bayangin kalo kamu ga ada fitur ini. Orderan masuk dari reseller, otomatis kamu harus hitung lagi harganya bagaimana. Lalu, reseller kamu juga cuman bisa pesan lewat WhatsApp atau Telegram, karena di website kamu harganya bukan harga diskon reseller. Akhirnya, rekap penjualannya jadi bingung dan makan waktu. Apalagi, kalau level harga kamu lebih dari 2 level. Bisa bingung beneran tuh rekap order, harga, dan stok nya. Makanya, harga bertingkat itu penting.

 

Kedua adalah fitur update stok ke dropshipper kamu. Kenapa sih ini penting? Soalnya dropshipper kamu wajib tahu betul stok kamu supaya mereka bisa jawabin pertanyaan tentang stok dari pelanggan mereka. Kalau dropshipper kamu bisa akses stok kamu secara cepat, kamu juga jadi lebih enak. Loh, kenapa? Karena kalo mereka ga bisa akses stok dengan cepat, mereka akan chat kamu. Kalau dropshipper kamu cuman 1 ga masalah. Tapi kalo sudah lebih dari 10 dan semuanya lancar jualannya, kamu bisa habisin 1 hari kerja cuman buat jawabin chat mereka aja!

Punya banyak reseller atau dropshipper? Pengen punya website yang bisa atur reseller dan dropshipper kamu dengan mudah?

Jadi…

Punya website jualan online itu wajib hukumnya buat kamu-kamu para pemilik online shop. Yang perlu diperhatikan bukan desainnya, tapi fitur-fitur atau kegunaannya. Kalau website itu bisa mempermudah pekerjaan kamu plus membantu kamu jualan, berarti webstie jualan online itu bisa kamu pertimbangkan.

 

Selamat berjualan ~~