Cara Melihat ID Olshop Kamu di Marketplace

Bingung cari ID toko kamu di Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak?

Tahu ID toko kamu di marketplace ini biasanya penting bagi kamu-kamu yang pakai software atau aplikasi pendukung buat toko online kamu, misalnya seperti platform omnichannel. Nah, kali ini ACI mau bagikan caranya ya!

Tahu ID toko kamu di marketplace ini biasanya penting bagi kamu-kamu yang pakai software atau aplikasi pendukung buat toko online kamu, misalnya seperti platform omnichannel. Nah, kali ini ACI mau bagikan caranya ya!

Mengapa kamu memerlukan ID toko kamu di marketplace

 

Seperti yang ACI tulis di atas, biasanya ID ini penting untuk menggunakan software atau aplikasi integrasi marketplace, seperti Forstok, Sirclo, atau AdminCerdas sendiri. Jadi, supaya kamu tidak bingung lagi, ACI mau bagikan caranya ya. Kamu bisa pakai cara ini di aplikasi manapun yang jadi pilihan kamu, tidak hanya di AdminCerdas. Yuk kita lihat satu-persatu.

 

Shopee

Nah, cara melihat ID di Shopee sebetulnya tidak susah kok. Pertama-tama, masuk ke website shopee toko kamu.

 

 

Kemudian, klik pada salah satu produk kamu yang ada di toko kamu ini, Misalnya ACI klik produk jaket hoodie seperti gambar di bawah:

 

 

Kemudian, kamu akan masuk ke halaman produk toko kamu yang tadi. Nah, yang harus kamu perhatikan bukan apa yang ada di halaman itu. Tapi, kamu lihat ke URL yang ada di browser kamu. Lihat gambar ini ya untuk tahu maksud ACI:

 

 

Kalau kamu lihat, setelah nama produk kamu di URL ini akan ada huruf dan angka seperti yang ada di kotak. Kalau di contoh ini adalah i.122601342.3815609718. ID toko kamu adalah angka setelah huruf i dan tanda titik, sampai tanda titik yang kedua. Lihat gambar di bawah untuk memperjelas:

 

 

Nomor inilah yang merupakan ID toko kamu. Tadi nomornya adalah i.122601342.3815609718. Maka, ID toko kamu adalah 122601342.

 

Tokopedia

Marketplace kedua yang sering diintegrasikan ke platform omnichannel adalah Tokopedia. Yuk kita lihat caranya dapat ID toko dari tokopedia kamu.

 

Pertama-tama, masuk ke website toko kamu di tokopedia.

 

 

Tampilannya kira-kira seperti gambar di atas. Setelah itu cari bagian yang kosong (yang tidak ada tombol atau link nya), kemudian klik kanan pada mouse kamu. 

 

 

Setelah di klik kanan, akan muncul seperti gambar di atas. Lalu, kamu klik pada Inspeksi atau kalau kamu menggunakan versi bahasa Inggris, klik pada Inspect. Setelah kamu klik inspeksi, akan muncul sebuah layar baru, bisa di sebelah kanan atau di bawah. Contohnya seperti ini:

 

 

Nah kalau layarnya sudah keluar, tekan tombol ctrl+f pada keyboard kamu. Maka, akan muncul kotak seperti contoh gambar di bawah yang berjudul Find by string, selector, or XPath

 

 

Setelah itu, ketik “shop/” seperti pada contoh gambar di bawah. Nah, di situ akan muncul kotak kuning di sekitar tulisan yang mengandung kata “shop/”.

 

 

Lalu, kamu bisa scroll untuk melihat nomor sesudah kata-kata “shop/” tersebut. Lihat contoh pada gambar di bawah:

 

 

Nah, nomor itulah yang merupakan ID olshop kamu di Tokopedia. Pada contoh ini, ID nya adalah 5287464

 

Melihat ID di Tokopedia memang sedikit lebih susah, tapi ACI harap dengan guide ini kamu bisa menemukannya!

 

Bukalapak

Marketplace terakhir yang akan ACI bahas adalah Bukalapak. Melihat ID di Bukalapak juga sedikit lebih susah dari Shopee. 

 

Pertama-tama, masuk ke website toko kamu di Bukalapak. Kira-kira tampilannya akan seperti yang di bawah ini:

 

 

Kemudian, cari tombol Kirim Chat. Klik kanan (bukan kiri) di tombol ini. Akan muncul menu seperti ini:

 

 

Kalau menunya sudah muncul, klik pada Inspeksi atau Inspection apabila kamu menggunakan browser dengan bahasa Inggris. Setelah itu akan muncul ini:

 

 

Sekali lagi, layar ini bisa muncul di kanan atau di bawah ya. Jadi, kalau punya kamu munculnya di bawah, jangan bingung, karena ini sama saja.

 

 

Setelah itu, kamu bisa cari kata-kata “data-user-id” seperti contoh di atas. Nah, angka-angka setelah kata-kata inilah yang merupakan ID olshop kamu di Bukalapak. Pada contoh ini, ID nya adalah 358903076.

 

Selamat mencoba~~

Miliki toko online yang terkoneksi dengan marketplace kayak Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak!

Permudah jualan kamu dengan AdminCerdas Indonesia. Dapatkan free website yang punya kemampuan untuk tersambung dengan toko kamu di marketplace. Kamu bisa upload produk kamu ke marketplace dengan mudah, stok kamu tersinkron antar marketplace, dan update stok ke marketplace hanya dengan 1 tombol saja!