Cara Software Upload Produk Massal Di Shopee

Cara Software Upload Produk Massal Di Shopee - Pernahkah Anda merasa bosan dalam mengupload produk? merasa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengupload produk, namun sekarang tidak perlu merasa kesulitan karena di Shopee kini sudah terdapat fitur upload massal untuk memudahkan penjual mengupload produk dalam jumlah banyak. Lalu, bagaimana dengan Software Upload Massal Di Shopee? Dengan mengetahui jawabannya yuk Simak jawabanya berikut ini.

Apa Itu Upload Massal Shopee?

Upload Massal adalah fitur Shopee yang memungkinkan Anda untuk mengupload produk secara massal melalui Seller Center. Anda bahkan dapat mengupload ratusan jenis produk sekaligus saat memanfaatkan fitur ini. Cara Upload Massal Shopee terbilang mudah karena proses pengisiannya tidak memakan waktu lama.

Manfaat Fitur Upload Massal

Anda bisa mendapatkan manfaat berikut ketika Anda menggunakan fitur Upload Massal seperti dapat Menghemat waktu dan tenaga untuk mengupload produk, Menyederhanakan proses pengelompokan produk berdasarkan kategori dan kode uniknya dan Meminimalkan penggunaan internet. Manfaat ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang tidak memiliki dukungan koneksi internet berkecepatan tinggi.

Cara Mengisi Template Upload Massal

Setelah menyelesaikan proses download template Shopee Bulk Upload, Anda akan mendapatkan dokumen Microsoft Excel. Anda harus mengisi dokumen secara lengkap dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Kemudian, klik aktifkan pengeditan agar dokumen dapat diedit.

Jangan mengubah nama kolom karena dapat menyebabkan kegagalan penguploadan produk. Jadi, Anda hanya bisa mengisi informasi produk berdasarkan informasi yang terdapat dalam dokumen. Beberapa informasi produk yang harus Anda isi dalam dokumen Bulk Upload, yaitu:

  • Kategori: jika produk Anda terdiri dari beberapa variasi, maka semua variasi harus termasuk dalam kategori yang sama.

  • Nama Produk: huruf, angka, dan tanda baca harus memenuhi ketentuan yang ditentukan oleh Shopee.

  • Deskripsi Produk: jangan gunakan kata-kata yang tidak relevan atau terlarang.

  • SKU Induk: identifikasi unik produk atau Produk dengan beberapa varian harus memiliki SKU yang sama.

  • Kode Integrasi Variasi: kode unik untuk variasi pada satu produk.

  • Nama variasi: misalnya warna, ukuran atau bahan.

  • Variasi untuk Variasi: misalnya nama variasi warna dan nama variasi ukura.

  • Foto produk per varian: akses foto harus berupa tautan.

  • Harga: angka harus positif dan boleh berisi decimal.

  • Stok: bilangan bulat antara 0 hingga 999.

  • Kode Variasi: harus diisi untuk mengidentifikasi setiap variasi produk.

  • Foto Sampul: wajib dan harus unik untuk setiap produk.

Mengapa Upload Massal Penting Bagi Penjual?

Upload massal penting bagi penjual karena memudahkan import produk Shopee oleh penjual Shopee, penjual juga dimudahkan dengan template import produk Shopee yang disediakan, jadi penjual cukup mengerti cara upload produk secara massal di Shopee dan cara mengekspor produk Shopee.

Cara Mudah Menambahkan Produk Baru Di Shopee

Jika anda memiliki toko online di Shopee, menambahkan produk secara massal dapat mempermudah proses upload produk anda, anda tidak perlu bingung dan kesulitan mencari cara untuk upload massal di Shopee, karena ada berbagai cara yang bisa anda coba dan terapkan. Lalu, apa saja metode upload massal Shopee? Baca selengkapnya di artikel berikut!

Shopee Adalah

Siapa yang tidak kenal dengan Shopee? Shopee adalah marketplace yang sangat terkenal di Indonesia dan Asia Tenggara! Shopee banyak diminati karena fiturnya yang beragam dan saling menguntungkan baik bagi penjual maupun pembeli. Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan Shopee juga mampu bersaing dengan marketplace lainnya, seperti flash sale, event bulanan Shopee, gratis ongkos kirim yang tidak tanggung-tanggung, Star Seller, Shopee Mall, dan masih banyak lagi!

Fitur Shopee untuk membantu Anda berjualan, salah satunya adalah fitur upload massal Shopee. Nah, sesuai dengan namanya, kamu bisa mengupload barang-barang penjualan dalam jumlah banyak atau massal melalui Seller Center Shopee! Bagaimana cara mengaktifkannya?

Cara Upload Massal Produk Shopee Dan Mengakses Fitur Upload Massal

Klik "Produk Saya" Di Seller Center Shopee

Pertama-tama, silakan buka menu Seller Center Shopee, dan klik “Produk Saya”.

Klik, "Edit Massal"

Kemudian, klik "Edit Massal" dan lanjutkan ke "Upload Massal."

Unduh Template

Tab "Unduh Template" akan muncul. Setelah Anda mengklik tab tersebut, Anda dapat memilih di antara dua template yang disediakan oleh Shopee. Jika Anda memilih "Basic Template" seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Maka Anda dapat mengunduh semua informasi produk tanpa kategori tertentu dengan cara mengklik "Unduh." Namun, jika Anda memilih “Category Templates”, berarti Anda akan mendapatkan template sesuai dengan kategori tertentu. Silahkan pilih kategori yang diinginkan, lalu klik "Download".

Isi Template Upload Massal

Setelah mengunduh templat, klik "Aktifkan Pengeditan" di Microsoft Excel. Masukkan detail produk yang Anda jual dari baris keenam di depan. Ingatlah bahwa satu lini mewakili satu jenis dan variasi produk. Anda dapat melihat panduan dari baris kedua hingga kelima. Oh ya, jangan ubah Nama Kolom ya, karena bisa membuat upload produk gagal.

Upload Template Ke Shopee

Buka kembali Seller Center, lalu upload file Excel dengan mengklik “Choose File”. Jika berhasil diupload ke Seller Center, lalu klik “Ubah”.

Edit Atau Lanjutkan

Pada tahap ini, Anda bisa mengecek detail produk yang ingin Anda pasarkan nantinya. Kalau mau langsung edit juga bisa kok. Nanti kalau sudah, klik "Terapkan." Silakan centang semua produk yang dijual, lalu klik “Simpan yang Dipilih”. Namun, jika Anda ingin menyimpan semua produk dan perubahan, Anda dapat langsung mengklik “Simpan Produk di Halaman Ini”.

Pembaruan Selesai!

Tahap terakhir, di sini. Jika sudah selesai mengedit semua produk, maka produk tersebut akan otomatis terupdate alias terupdate.

Tips Agar Produk Menarik Di Mata Pelanggan

Saat ingin mengupload foto produk, Anda perlu membuat foto produk semenarik mungkin. Karena foto produk yang menarik dapat menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah toko online. Hal ini penting untuk diperhatikan karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual yang cenderung melihat sesuatu dari tampilan fisik suatu produk. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat foto produk yang bagus:

Pencahayaan Yang Cukup

Jika Anda ingin mengambil foto di luar ruangan, maka pastikan intensitas cahaya matahari tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika ingin mengambil foto di dalam ruangan, usahakan cari ruangan yang terkena sinar matahari. Namun jika dirasa kurang cahaya bisa menggunakan lampu tambahan.

Menggunakan Smartphone Saja Sudah Cukup, Tidak Perlu Kamera Mahal

Jika Anda memiliki cukup uang, maka tidak ada salahnya jika Anda membeli kamera yang berkualitas untuk menunjang foto produk yang akan Anda ambil. Namun, bagi Anda yang masih memulai bisnis jualan, tidak perlu khawatir menyiapkan anggaran khusus hanya untuk membeli kamera.

Kamera dari smartphone Anda juga dapat digunakan untuk mengambil foto produk selama Anda menggunakan teknik pengambilan foto yang benar. Ingat poin pertama tadi bahwa pencahayaan masih menjadi poin utama yang harus diperhatikan saat mengambil foto produk.

Buat Studio Foto Mini, Tidak Perlu Sewa Studio

Saat Anda baru memulai bisnis jual beli online, pasti akan kesulitan jika hanya harus menyewa studio foto untuk mengambil foto produk. Lebih baik jika Anda membuat studio foto sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyediakan lampu sorot, background, dan perlengkapan sederhana lainnya tanpa harus membeli perlengkapan super mahal seperti yang ada di studio foto profesional.

Cara Software Upload Produk Massal Di Shopee