Cara Upload Massal Marketplace Di Shopee

Cara Upload Massal Marketplace Di Shopee - Dunia pemasaran online khususnya e-commerce saat ini mulai dikuasai oleh marketplace, diantara marketplace di Indonesia yang cukup populer adalah Shopee, hal ini membuat persaingan penjualan online dengan kompetitor semakin ketat, tidak dipungkiri semua orang berlomba-lomba untuk menjual.

Pada e-commerce multi channel salah satunya adalah shopee, namun ada kendala ketika seorang pebisnis memulai bisnis di dunia online. Salah satu kendalanya adalah item yang terlalu banyak dan membingungkan saat upload massal di platform marketplace, jadi begini cara Upload Massal Marketplace di shopee.

Beberapa fitur yang disediakan oleh platform penjual marketplace Shopee sangat membantu dalam menjual barang, seperti flashsale, gratis ongkos kirim, kombo hemat, kupon toko, promosi toko, permainan menanam dan, memancing kupon, untuk meningkatkan penjualan di platform ini, lainnya fitur yang tidak kalah pentingnya. adalah fitur iklan shopee yang dapat meningkatkan traffic pengunjung ke toko penjual.

Salah satu fitur yang bisa didapatkan secara gratis adalah stock management dan mass management barang, sehingga setelah diupload semua produk bisa masuk secara otomatis. Anda hanya perlu memasukkan daftar produk yang ditempatkan di file excel dengan rapi, hal ini memudahkan pekerjaan penjual, tidak perlu mengunggahnya secara manual atau satu per satu dan mempercepat proses penjualan di platform ini. Agar produk dapat berjalan, Anda harus memberikan data sebagai berikut.

  • Anda harus menyiapkan file berisi data lengkap untuk diunggah ke shopee.

  • Menyediakan akun shopee yang sudah terdaftar dan terverifikasi dengan KTP agar bisa menjalankan fitur ini.

Nah, pada postingan kali ini kita akan membahas secara detail bagaimana cara menjalankan fitur mass upload yang dimiliki platform ini.

Jualan Online Di Shopee

shopee merupakan salah satu marketplace yang terkenal di Indonesia dan memiliki banyak pengunjung. Resmi berdiri pada tahun 2012, shopee berdampingan dengan marketplace lain seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dalam hal memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang menjadi pengguna setiap hari atau bulannya.

Shopee memiliki fitur yang antara lain LazMall, Super Brand Day, Brand Mega Offer, Brand Directory, Brand For You, LazMall 'Follow' Button, free shipping, cashback, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan fitur tersebut, tidak heran jika banyak penjual yang memutuskan untuk membuka toko online melalui Shopee.

Begitu juga dengan konsumen yang berbelanja, keistimewaannya akan sama, misalnya mendapatkan gratis ongkos kirim atau product bundling dengan harga yang lebih terjangkau. Ingin mulai berjualan di shopee? Sesuai! Selain itu shopee juga menyediakan fitur shopee mass upload atau shopee mass upload yang artinya anda dapat mengupload produk jualan dalam jumlah banyak tanpa harus menyelesaikan satu produk, kemudian upload produk yang lain.

Alat Dan Bahan

Templat Unggah Massal Shopee

Pertama anda download template shopee mass upload terlebih dahulu. Kami akan mengisi template ini dengan produk yang akan dijual. Perlu diperhatikan bahwa untuk shopee marketplace terdapat kemudahan yaitu template tidak harus di download di website, tetapi bisa menggunakan nama file yang kita buat sendiri dan memiliki keberadaan xlsx. Jadi nanti mungkin kita tidak menggunakan template dari shopee, melainkan template dari belanda.

Data Produk

Sekarang Anda harus memberikan data produk yang ingin Anda unggah. Data produk ini akan disimpan di file unggahan massal shopee. Jika Anda memiliki produk sendiri, Anda dapat memasukkan nama, deskripsi, gambar, berat, harga, dan ekspedisi Anda ke dalam template unggahan massal shopee satu persatu.

Software Scraper

Bagi anda yang belum memiliki produk anda masih bisa menjualnya di Shopee. Melalui sistem dropshipping. Kemudian untuk memudahkan dalam menjalankan bisnis ini, anda menggunakan software scrape. Software scraper ini berfungsi untuk mengikis data produk.

Cara Upload Massal Marketplace Di Shopee Sebagai Supplier

Langkah pertama Anda siapkan file yang berisi informasi berupa nama produk, deskripsi, harga jual, kategori dan atribut pelengkap, serta jasa kurir apa yang akan digunakan. Jika sudah maka Anda siap untuk melakukan upload massal di shopee.

Langkah kedua silahkan login ke shopee seller center dan download template sesuai kategori yang akan anda upload disini. Ketiga, pastikan Anda memasukkan sesuai dengan kolom yang disediakan seperti kategori produk, nama produk, harga, berat, variasi, link gambar, jasa kurir dan lain-lain secara lengkap dan benar.

Kemudian masuk ke halaman shopee untuk mengupload file yang sudah di siapkan Atau anda bisa login terlebih dahulu ke shopee seller center yang anda miliki dan masuk ke halaman produk dan klik bagian mass upload.

Cara Upload Massal Marketplace Di Shopee Sebagai Dropshipper

Nah diatas adalah cara mass upload jika anda seorang supplier, namun jika anda baru belajar berbisnis online dan menjadi dropshipper tentunya anda tidak punya stok tapi tetap ingin berjualan di platform ini.

Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan cara di atas, namun ada sedikit penyesuaian dalam menginput data barang yang akan diupload, misalnya deskripsi harus dibedakan dengan pemasok, gambar harus diedit dan dibedakan dengan pemasok, jika diperlukan anda dapat mengambil foto barang sendiri, nama produk harus dibedakan dari pemasoknya.

Dengan kata lain, kami harus menunjukkan diferensiasi dengan pemasok kami, tujuannya adalah untuk membuat toko kami terlihat profesional dan terlihat berbeda dari kios pemasok kami, ini juga menghindari hukuman dari pasar, karena pasar tidak menyukai produk duplikasi yang dianggap terlalu memberatkan server mereka sebagai penyedia platform jual beli online.

Nah saran saya untuk memudahkan anda dalam melakukan itu semua, anda sebagai dropshipper membutuhkan sebuah alat yang dapat meningkatkan kinerja anda dalam mengunggah dan pekerjaan manajemen stok dari pemasok anda, seperti pemasok dari Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Tips Upload Produk Massal Shopee

Sebelum menambahkan produk, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal untuk menarik perhatian pembeli dan meningkatkan penjualan Anda.

Gunakan Foto Produk Yang Berkualitas Dan Menarik

Foto produk adalah hal pertama yang menarik perhatian pembeli ketika mereka mencari. Gunakan pencahayaan yang baik saat mengambil foto produk, dan sebisa mungkin gunakan latar belakang polos agar produk terlihat menonjol. Pastikan juga foto terlihat tajam dengan resolusi yang baik dan diambil dari berbagai sudut.

Tetapkan Harga Yang Kompetitif

Apapun produk yang Anda jual, akan selalu ada pesaing. Jika bisnis Anda tergolong baru, Anda bisa menentukan harga promosi di awal untuk menarik perhatian target pasar Anda. Anda juga bisa memberikan harga yang sesuai dengan harga di pasaran agar bisa bersaing dengan toko lain.

Beri Nama Produk Yang Tepat Sasaran

Sebagian besar peluang Anda ditemukan oleh pembeli secara organik adalah melalui halaman pencarian. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan nama produk yang tepat sasaran dan mudah ditemukan oleh pembeli. Caranya adalah dengan menggunakan rumus Jenis Produk + Merek Produk + Informasi Tambahan atau jika produk yang Anda jual memiliki merek, Anda juga dapat menggunakan rumus penamaan berikut, Merek Produk + Jenis Produk + Informasi Tambahan.

Terakhir, Berikan Deskripsi Produk Yang Lengkap

Terkadang, bagi sebagian penjual, deskripsi produk tidak terlalu penting dan hanya ditulis seadanya. Padahal, meskipun produk yang dijual merupakan barang yang sudah umum diketahui masyarakat, namun tetap penting diberikan deskripsi yang jelas dan menarik.

Jelaskan spesifikasi produk Anda, keunggulannya, kelengkapan yang akan didapatkan, garansi, dan warna atau varian produk yang tersedia. Tulis semua itu dalam bentuk poin agar mudah dibaca. Anda juga dapat menambahkan deskripsi proses pengiriman atau pengemasan.

Demikian ulasan tentang Cara Upload Massal Marketplace Di Shopee semoga bermanfaat.