Gimana sih cara jualan online biar cepat laku?

Nah untuk para dropshipper, ACI mau bagi-bagi tips nih

Kemarin-kemarin ACI udah kasih banyak tips tentang berjualan di marketplace. Nah, sekarang Aci mau kasih tips-tips tentang cara jualan biar cepat laku. Simak ya!

Kemarin-kemarin ACI udah kasih banyak tips tentang berjualan di marketplace. Nah, sekarang Aci mau kasih tips-tips tentang cara jualan biar cepat laku. Simak ya!

Sebelumnya, apa itu dropshipping?

Nah, kalo kamu pada belum tau apa itu dropshipping, apa perbedaan reseller dan dropshipper, maka kamu perlu baca dulu ARTIKEL INI. Singkatnya sih, dropshipping itu cuman sebuah metode menjual dimana kamu ga perlu punya stok barang. Seperti salesman gitu lah… 

 

Nah… setelah kamu paham dropshipping itu apa, ACI mau kasih tahu kamu ya tips-tips supaya jualan online kamu cepat laku.

 

Pengen jadi dropshipper dengan supplier yang berkualitas?

Jangan berkompetisi di harga saja

Harga murah emang menarik konsumen. Tapi, saingan itu jangan melulu soal harga saja. Banyak kok yang bisa kamu buat senjata untuk saingan. Salah satunya adalah service. Kalau service kamu bagus ke pelanggan, dia malah bisa jadi pelanggan loyal loh. Kamu juga bisa pakai banyak trik seperti free ongkir, voucher, dan lain-lain. 

 

Percaya deh, kalau hanya harga murah doang, berarti cuman retail besar saja yang bisa menguasai perdagangan, karena mereka beli banyak. Nyatanya, banyak loh produk pedagang kecil yang laku. Berarti bukan cuman masalah harga kan.

 

Jadi, jangan khawatir kalau banyak seller di marketplace kamu yang menjual dengan harga yang lebih murah daripada kamu. Lebih baik kamu fokus untuk percantik toko kamu dan perbanyak promo, supaya produk kamu laku dulu. Kalau sudah banyak yang laku, bakalan jauh lebih mudah untuk bikin pengunjung lebih ramai. Semakin banyak yang laku, semakin banyak rating atau review di toko kamu, semakin tinggi juga kepercayaan pelanggan ke toko kamu!

Kenalilah produk kamu

Kalau mau memberikan layanan yang terbaik, salah satunya adalah dengan responsif atau cepat membalas pertanyaan. Memang sih, ada beberapa pertanyaan yang hanya bisa dijawab supplier kamu. Tapi, ada juga kok pertanyaan yang jawabannya bisa kamu pelajarin. Kayak detail atau spek barang kamu. Ini harus kamu pelajari betul loh, karena pertanyaan yang kayak gitu itu sering banget ditanyakan.

 

Kalau bisa, belilah beberapa produk supplier kamu yang paling laku dulu, walaupun kamu dropshipper. Gunakanlah produk itu. Kalau kamu udah pakai, kamu pasti akan jauh lebih tahu produk itu. Misalnya kalau baju, apakah kainnya lembut, enak dipakai waktu siang, atau kainnya tebal, jadi mending dipakai malam.

Bikin promo bundling

Kamu bisa bikin produk baru, baik di marketplace ataupun di website kamu. Produknya adalah bundling, jadi buy 1 get 2. Harganya disesuaikan saja, misalnya kamu bikin beli kaos kurta gratis T-Shirt polos. Set saja harganya jadi harga kaos kurta + harga T-Shirt polos, lalu kamu kasih diskon 10-20%. 

 

Kalau penjualan di marketplace kamu masih sepi, cara ini bisa buat produk kamu cepat laku. Nah, semakin banyak penjualan, semakin banyak review / bintang deh. Semakin banyak review / bintang, pelanggan bakal makin percaya sama toko kamu.

Milikilah channel penjualan yang banyak

Salah satu cara menjadi dropship yang barangnya laku adalah dengan punya channel penjualan yang banyak. Manfaatkan marketplace-marketplace yang sudah ada seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Pastikan kamu punya masing-masing 1 toko di marketplace tersebut. 

 

Jangan lupa juga, juallah barang kamu di social media seperti Instagram dan Facebook. Banyak banget loh pembeli yang berkeliaran di social media. Kalo lihat di kantor-kantor, banyak yang kalo sudah kerjaannya selesai pada pantengin Instagram. Artinya, kesempatan berjualan di sana juga besar! Yuk pelajari caranya DI SINI.

 

Terakhir, kamu juga harus rajin tawarin barang-barang kamu lewat media chat seperti WhatsApp. Seminggu sekali, posting aja 1 barang di grup-grup kamu. Numpang jualan gitu. Nah, kalau ada yang mau beli, arahkan mereka ke marketplace andalan kamu. Kalo kamu udah ikutan program gratis ongkir, pembeli kamu bakal makin senang. Lalu, kamu minta mereka tinggalkan rating di marketplace kamu dan review juga kalo barangnya udah datang. Ingat, semakin banyak rating dan review, kepercayaan pelanggan ke toko kamu makin tinggi.

Intinya nih…

Supaya produk kamu makin laku keras, kamu harus rajin-rajin ningkatin rating dan review di marketplace kamu. Arahkan semua pembelian ke marketplace andalan kamu, dan selalu minta rating dan review di sana. Kalo pelanggan udah makin percaya dengan toko kamu, pasti pembelian kamu meningkat deh!

 

Selamat jualan~~

Pengen punya toko online yang...

Punya website online...

...yang canggih, cantik, dan bisa diedit sesuka hati?

Yang bisa upload produk ke marketplace...

...seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak dengan 1 klik saja?

Yang bisa update stok ke marketplace...

...dengan 1x klik atau bahkan dengan CHAT?

Tunggu apa lagi...?