Ingin Cari Supplier Tangan Pertama buat Olshop Kamu?

Yuk ACI ajarin caranya!

Punya supplier tangan pertama berarti keuntungan yang lebih besar buat kamu. Kok bisa? Soalnya biasanya supplier tersebut adalah produsen atau pabrik yang memang memproduksi sendiri barangnya. Jadi, harga belinya pasti jauh lebih murah daripada kalau kamu beli di online shop lain.

Punya supplier tangan pertama berarti keuntungan yang lebih besar buat kamu. Kok bisa? Soalnya biasanya supplier tersebut adalah produsen atau pabrik yang memang memproduksi sendiri barangnya. Jadi, harga belinya pasti jauh lebih murah daripada kalau kamu beli di online shop lain.

Tipe supplier buat toko online kamu

 

Sebelumnya, ACI jelasin dulu yah. Kamu bisa pilih beberapa tipe supplier. Supplier tangan pertama adalah supplier yang merupakan produsen. Jadi, memang supplier ini punya pabrik sehingga mampu memproduksi barang dalam kapasitas yang lebih besar. Barangnya cenderung lebih ready daripada tipe supplier lainnya, dan harganya juga cenderung lebih murah. Namun, supplier seperti ini memang tidak mudah untuk dicari.

 

Tipe supplier kedua adalah supplier tangan kedua, ketiga, dan seterusnya. Supplier tangan kedua membeli barang dalam jumlah besar dari supplier tangan pertama. Lalu, supplier ini juga menjual barang secara grosir. Artinya, ada pembelian minimumnya. Walaupun demikian, biasanya supplier ini lebih mudah dicari karena ada di marketplace grosir.

 

Kali ini, ACI mau bahas tentang supplier tangan pertama dan kedua yah, supaya lebih lengkap dan kamu juga lebih punya pilihan. Yuk kita lihat tempat-tempat di mana kamu bisa cari supplier kamu.

 

Shopee

Ini nih salah satu marketplace di mana kamu bisa cari barang-barang untuk dijual. Tapi, yang ACI maksud di sini bukan barang-barang Shopee yang biasa loh. Tapi, ada yang namanya SHOPEE GROSIR yang memang menampilkan toko-toko yang menjual barangnya secara grosir. Yuk kita lihat caranya.

 

Pertama-tama, buka aplikasi Shopee di smartphone kamu.

 

01 buka shopee

 

Nah, lalu pada bagian yang ACI kasih kotak putih dan tanda panah hitam, kamu bisa geser ke kanan ya, sampai muncul icon SHOPEE GROSIR kayak gambar di bawah ini:

 

 

02 geser sampai grosir

 

Nah, kalau sudah ketemu, kamu tap di icon itu ya. Setelah itu kamu akan masuk pada halaman ini:

 

03 halaman shopee grosir

 

Nah, ini nih halaman home nya Shopee Grosir. Kamu bisa geser ke bawah sampai ketemu kategori barang yang ada di sini seperti gambar di bawah ini:

 

 

04 scroll kategori

 

Nah, kamu bisa pilih barang yang kamu mau jual di sini. Jadi, memang kamu harus tahu dulu ya barang apa yang mau kamu jual nantinya. Misalnya nih, ACI mau jual fashion wanita. ACI tap Fashion wanita di bagian kategori, lalu kamu akan masuk ke sini:

 

05 cek semua toko2

 

Nah, setelah lihat beberapa tokonya, kamu bisa klik CEK SEMUA TOKO untuk melihat semua toko yang menjual barang serupa seperti ini:

 

06 pilih toko dan barang

 

Nah, tinggal kamu masuk ke toko-toko ini, lalu kamu pilih barangnya. Akan ada minimum ordernya, tapi memang harganya akan lebih murah dari pasaran kok.

 

Keuntungan menggunakan Shopee Grosir

Nah, ada beberapa keuntungan kalau kamu menggunakan Shopee Grosir untuk menemukan supplier kamu:

  1. Aplikasinya mudah didapat

  2. Penggunaan aplikasinya mudah

  3. Menyediakan rekber, jadi proses transaksi kamu pasti aman

  4. Seller yang ada di sana bertanggung jawab, yang penting kamu ikutin prosedur pembelian mereka

  5. Kamu bisa lihat review terlebih dahulu

 

Kelemahan menggunakan Shopee Grosir

Kalau kelemahannya memang tidak banyak. Tapi yang pasti, sangat jarang produsen atau pabrik yang berjualan grosir di sini. Rata-rata, penjualnya adalah tangan kedua. Tapi kalau bener-bener kamu perhatiin, harganya sangat bersaing kok. Plus, kamu tidak perlu beli terlalu banyak juga. Jadi, sangat cocok buat online shop yang baru mau buka.

 

AliExpress

Marketplace kedua yang bisa kamu pakai untuk mencari supplier adalah AliExpress. Berbeda dengan Shopee Grosir, barang-barang AliExpress adalah barang impor yang biasanya didatangkan dari Cina. Harganya memang cenderung lebih murah. Kualitas tentunya sesuai harga ya. Tapi, banyak kok barang berkualitas dengan harga murah di marketplace ini. Yuk kita lihat cara menemukan supplier di AliExpress.

 

Pertama-tama, buka website AliExpress. Kamu akan melihat tampilan ini:



 

Nah, pada kolom di kiri, kamu bisa melihat kategori-kategori barang yang ada di AliExpress. Sebagai contoh nih, kalau ACI ingin buka olshop fashion wanita, maka ACI bisa klik di Woman’s Clothing seperti gambar di atas.

 

 

Kemudian, akan muncul barang-barang yang punya kategori Women’s Fashion. Nah, biasanya nih, ACI akan cek mana yang punya label Free Shipping kayak gambar di atas, karena memang artinya ongkirnya gratis. Kan lumayan banget tuh. 

 

 

Nah, ini contoh barangnya. Beneran loh Free Shipping. Tinggal kamu lihat, sesuai ga harganya dengan yang kamu mau beli. Karena di AliExpress ini juga banyak yang bisa jual eceran. Tapi, selama harganya oke dan kamu bisa jual lagi dengan keuntungan yang oke juga, tidak ada masalah kan? 

 

Nah, ACI kasih rahasia dikit nih. Biasanya di AliExpress, kalau memang ada toko yang pakai Free Shipping, berarti semua barangnya juga bisa di Free Shipping loh. Coba scroll ke bawah dari halaman tadi ya:

 

 

Semua barang yang di sini Free Shipping. Jadi kamu bisa hemat ongkir banget tuh. Lumayan banget untuk kamu jualan!

 

Keuntungan menggunakan AliExpress

Ada beberapa keuntungan menggunakan AliExpress sebagai alat pencari supplier kamu:

  1. Pilihan produk banyak sekali

  2. Website mudah digunakan

  3. Harga cenderung murah karena biasanya barangnya produk Cina

  4. Ada banyak promo yang bisa kamu manfaatin seperti Free Shipping

  5. Kamu bisa lihat review terlebih dahulu sebelum membeli 

 

Kelemahan menggunakan AliExpress

AliExpress ini memang banyak keuntungannya. Tapi jangan lupa, karena ini adalah marketplace luar negeri, maka ada beberapa kelemahan utama seperti:

  1. Harganya dalam US Dollar. Sebaiknya kamu membeli produknya saat harga dollar turun.

  2. Kamu harus menggunakan kartu kredit untuk membeli barang di AliExpress.

  3. Pengirimannya lama

  4. Barang belum tentu dari supplier tangan pertama

  5. Kalau kamu membeli dalam jumlah besar, lebih baik manfaatkan jasaforwarder untuk mendatangkan barang. Ini untuk menghindari resiko barang nyangkut di cukai, atau kamu harus membayar pajak tambahan lagi. Biasanya kalau transaksi kamu di atas USD 100, kamu dikenakan pajak. Dengan jasa forwarder, mereka yang akan mengurus pembayaran pajak dan mendatangkan barang kamu secara legal.

 

Alibaba

Ini adalah parent company dari AliExpress. Alibaba adalah direktori supplier, bukan toko online. Jadi, supplier yang ada di Alibaba dipastikan adalah supplier tangan pertama. Kita lihat yuk gimana caranya menggunakan Alibaba untuk menemukan supplier olshop kamu!

 

Pertama-tama, buka website Alibaba. Kamu akan masuk ke halaman ini:

 

 

Kamu bisa lihat pada kolom bagian kiri, itu kolom kategori yang ada di Alibaba. Nah, kamu bisa pilih barang berdasarkan kategori ini.  Misalnya nih, ACI pengen jual barang fashion. ACI bisa klik pada kategori Apparel di kolom ini. Lalu, kita akan masuk ke halaman ini:

 

 

Nah, di sini kamu bisa pilih kategori, atau langsung pilih suppliernya. Bedakan nih kalau supplier dari Alibaba. Waktu kamu klik suppliernya, kamu akan masuk ke website seperti ini:

 

 

Nah, website ini bukan hanya sekedar toko online. Tapi, kamu bisa lihat semua profil perusahaannya si supplier ini. Kamu bisa lihat video iklannya, produknya, sampai foto pabrik dan proses pembuatan barangnya. Sebaiknya kamu pelajari betul-betul untuk supplier ini. Biasanya kalau mereka sudah melakukan posting sertifikat penghargaan, supplier ini bisa dikatakan sangat bagus. Contohnya seperti ini nih:

 

 

Nah, setelah kamu yakin dengan supplier ini, scroll ke bawah untuk melihat produk-produk yang disediakan. 

 

 

Yang perlu diperhatikan di sini adalah minimum order quantity atau pembelian minimum. Seperti gambar di atas, ada beberapa barang yang boleh order minimum 10 pcs, ada juga yang harus 300 pcs. Tapi bisa dilihat juga kalau harganya memang murah sekali.

 

Untuk pembelian ke Alibaba, ACI sangat menyarankan sekali lagi kalau kamu menggunakan jasa forwarder, karena pembelian ke Alibaba biasanya kan partai besar. Nah kalau dengan forwarder, kamu tidak perlu mengurus lagi untuk mengeluarkan barang dari kantor cukai atau mengurus pajak karena forwarder ini yang akan menguruskan untuk kamu.

 

Keuntungan menggunakan Alibaba

Beberapa keuntungan menggunakan Alibaba sebagai alat pencari supplier kamu:

  1. Suppliernya tangan pertama. Jadi, harga cenderung lebih murah.

  2. Kualitas barang dijelaskan secara rinci pada websitenya.

  3. Kamu bisa mempelajari supplier ini dengan detail sebelum kamu membeli barang dari supplier ini

  4. Kamu bisa mengontak perwakilan supplier ini untuk berkonsultasi

  5. Kamu bisa mengecek secara langsung alamat, nomor telepon, dan website supplier karena Alibaba merupakan sebuah direktori. Jadi, Alibaba membebaskan supplier untuk memberikan alamat perusahaan.

 

Kelemahan menggunakan Alibaba

Seperti AliExpress, Alibaba berpusat di luar negeri. Maka ada beberapa kelemahan utama seperti:

  1. Harganya dalam US Dollar. Sebaiknya kamu membeli produknya saat harga dollar turun.

  2. Kamu harus menggunakan kartu kredit untuk membeli barang di Alibaba.

  3. Pengirimannya lama

  4. Barang belum tentu dari supplier tangan pertama

  5. Kalau kamu membeli dalam jumlah besar, lebih baik manfaatkan jasaforwarder untuk mendatangkan barang. Ini untuk menghindari resiko barang nyangkut di cukai, atau kamu harus membayar pajak tambahan lagi. Biasanya kalau transaksi kamu di atas USD 100, kamu dikenakan pajak. Dengan jasa forwarder, mereka yang akan mengurus pembayaran pajak dan mendatangkan barang kamu secara legal.

  6. Kurang cocok untuk online shop yang baru belajar karena pembelian partai besar.

 

Ocistok

Tempat ketiga yang bisa kamu pakai untuk mencari supplier adalah Ocistok. Ocistok ini bisa membantu kamu untuk membeli barang di Cina secara grosir. Nah, semakin banyak kamu beli, diskonnya juga semakin gede loh. Coba yuk kita lihat websitenya.

 

Pertama-tama, masuk ke website ocistok. Kamu akan masuk pada tampilan seperti di bawah ini:

 

Seperti marketplace atau direktori lainnya, kamu bisa melihat tab kategori pada bagian kiri website. Nah, sekali lagi kalau ACI ingin buka olshop fashion, maka ACI bisa klik kategori Fashion di Ocistok. Misalkan ACI pengen jual sneakers wanita nih. ACI tinggal klik pada kategori tersebut, lalu akan tampil barang-barangnya seperti ini:

 

 

Lalu kamu bisa klik pada barangnya untuk melihat lebih jauh detailnya seperti ini:

 

 

Nah, hal yang harus kamu perhatikan adalah minimum order qty atau pembelian minimumnya. Bisa kamu lihat seperti contoh gambar di atas, semakin banyak kamu membeli, semakin besar pula diskonnya. Tapi, bukan berarti kamu harus membeli banyak. Kamu bisa coba dulu membeli dalam jumlah kecil. Kalau laku dipasarkan, kamu bisa order dengan jumlah yang lebih besar.

 

Keuntungan menggunakan Ocistok

Pada dasarnya, Ocistok ini merupakan importir. Jadi, memang sudah expert dalam urusan mendatangkan barang dari Cina. Nah, beberapa keuntungannya seperti:

  1. Kamu bisa pilih barang langsung dari website Ocistok tanpa harus cari supplier di luar.

  2. Kamu tidak perlu cari jasa forwarder untuk datangin barang. Cukup menggunakan jasa Ocistok saja.

  3. Harga barang juga relatif murah karena produksi Cina.

  4. Hampir semua barang bisa diimpor oleh Ocistok, kecuali barang yang memang dilarang pemerintah Indonesia atau yang harus memiliki standard SNI.

 

Kelemahan menggunakan Ocistok

Karena Ocistok ini adalah importir, maka sudah pasti barangnya dari luar negeri ya. Karena itu, ada beberapa kelemahan. Sebetulnya ini bukan kelemahan sih, tapi memang tidak bisa dihindarin. ACI lihat hanya ada 2 nih yang bisa ACI kasih tahu:

  1. Waktu pengiriman pasti lebih lama dibandingkan olshop Indonesia

  2. Biasanya tidak ada proses retur barang, kecuali ada perjanjian antara kamu dengan supplier sendiri, yang tidak difasilitasi oleh Ocistok

 

Direktori UMKM

Nah, setelah berkelana dengan melihat barang-barang dari luar negeri, sekarang kita lihat barang-barang dari UMKM di Indonesia yuk. Pertama-tama, masuk ke website Direktori UMKM. Kamu akan masuk ke tampilan ini:

 

 

Nah, misalnya ACI pengen jual barang kesehatan dan kecantikan nih. Maka, ACI bisa pilih kategori itu di website ini. Saat kamu klik, kamu akan masuk ke halaman ini:

 

 

Kamu bisa langsung pilih produk, atau kamu bisa juga browsing dulu per kategori. Misalnya nih ACI coba langsung pilih produk ya.

 

 

Nah di sini, ACI bakal bisa melihat kira-kira barangnya seperti apa, lalu siapa yang menjual, dan yang paling penting adalah nomor kontaknya. Karena seperti namanya, ini adalah direktori. Jadi, kamu bisa langsung menghubungi produsen untuk langsung bernegosiasi harga.

 

Keuntungan menggunakan Direktori UMKM

Beberapa keuntungan menggunakan Direktori UMKM untuk mencari supplier olshop kamu:

  1. Produk dalam negeri

  2. Pengiriman pasti lebih cepat daripada impor

  3. Harga cukup bersaing, walaupun banyak juga yang lebih mahal dari barang impor

  4. Kamu bisa memilih supplier dengan kota terdekat dengan kamu sehingga ongkir yang kamu tanggung tidak tinggi.

 

Kelemahan menggunakan Direktori UMKM

Kelemahan dari website ini sebetulnya tidak terlalu mencolok, terutama karena ini bersifat direktori. Selain dari supplier yang ada tidak terlalu banyak dan jenis barang juga belum tentu cocok untuk dijual secara online, website ini tidak memfasilitasi transaksi yang terjadi. Sehingga, transaksi juga belum tentu aman. 

 

Selain itu, kamu harus memahami kalau yang kamu hadapi adalah UMKM. Artinya, kapasitas produksi mereka belum tentu besar. Walaupun mungkin harganya murah, tapi mereka belum tentu bisa memproduksi ribuan barang dalam 1 hari. Jadi, kamu harus benar-benar gali dulu informasi tentang supplier ini dengan cara mengontak mereka secara langsung.

Miliki toko online yang terkoneksi dengan marketplace kayak Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak!

Permudah jualan kamu dengan AdminCerdas Indonesia. Dapatkan free website yang punya kemampuan untuk tersambung dengan toko kamu di marketplace. Kamu bisa upload produk kamu ke marketplace dengan mudah, stok kamu tersinkron antar marketplace, dan update stok ke marketplace hanya dengan 1 tombol saja!