Lebih untung mana? Reseller atau Dropshipper?

Masih bingung buka olshop kamu?

Sering denger nih istilah reseller, reseller dropship, distributor, dan lain-lain. Tapi tahu ga sih perbedaan reseller dan dropship? Soalnya ini penting buat toko online pertama kamu. Jadi kamu bakal tahu mau buka bisnis online kamu dengan cara yang mana dan dengan strategi apa. Nah, di artikel ini, Aci coba jelasin yah!

Sering denger nih istilah reseller, reseller dropship, distributor, dan lain-lain. Tapi tahu ga sih perbedaan reseller dan dropship? Soalnya ini penting buat toko online pertama kamu. Jadi kamu bakal tahu mau buka bisnis online kamu dengan cara yang mana dan dengan strategi apa. Nah, di artikel ini, Aci coba jelasin yah!

RESELLER

Pertama-tama, Aci mau bahas reseller dulu ya. Arti katanya sih kayak gini. Re itu adalah KEMBALI dan sell itu adalah MENJUAL. Jadi, reseller ini artinya adalah memang orang yang menjual kembali barang yang sudah dia beli. 

 

Otomatis, reseller pasti akan membeli barang terlebih dahulu, baru menjualnya kembali. Media penjualannya banyak, bisa menggunakan Instagram (Social Commerce), e-Commerce, ataupun bisa sekedar lewat WhatsApp. 

LALU APA BEDANYA DENGAN DROPSHIPPER?

Nah, di sini Aci mau lurusin dulu. Yang benar adalah dropshipper ya… bukan dropshiper. Karena istilah ini seharusnya istilah bahasa Inggris. Dropshipper atau dropshiper adalah teknik jualan online tanpa harus ada stok barang.

 

Jadi, caranya gini sih. Supplier kasih ijin ke dropshipper untuk jual barangnya. Terus, si dropshipper langsung aja jualan tanpa perlu beli barang dulu. Tentunya modalnya bakal lebih murah karena ga perlu beli barang dulu. 

 

LEBIH ENAK MANA? JADI RESELLER ATAU DROPSHIPPER?

Nah, kalo ini relatif banget nih. Karena ada orang yang lebih suka jadi reseller, ada juga yang lebih cocok jadi dropshipper. Nah, daripada bingung, Aci kasih aja keuntungan masing-masing ya, jadi kamu bisa lihat mana yang lebih cocok buat kamu.

 

KEUNTUNGAN JADI RESELLER DIBANDING DROPSHIPPER

Profit cenderung lebih besar.

Soalnya, kamu bakal beli barang dari supplier secara grosir atau partai besar. Nah kalo beli grosir, biasanya harganya juga lebih murah. Tapi ingat, jangan lupa nego yah… 

Nah kalo dropshipper, karena dia biasanya dapat harga yang ga bisa dinego, akhirnya profitnya juga jadi lebih kecil.

Proses barang lebih cepat.

Karena kamu punya stok sendiri, otomatis kalau ada order, langsung bisa kamu proses untuk packing dan pengiriman. 

Beda dengan dropshipper. Karena kalau ada order, dropshipper harus tanya dulu ada stok barang ga ke suppliernya. Kalau ada, baru dia bisa proses ordernya. Tapi walaupun cuman nanya, prakteknya ga semudah itu. Percaya deh, supplier pasti punya ratusan dropshipper yang nanya-nanya tiap hari. Bisa-bisa pertanyaanmu baru dibalas sore hari..

Variasi barang lebih banyak.

Biasanya nih, reseller bisa buka toko online di marketplace dengan variasi barang yang banyak. Soalnya, dia bisa beli dari beberapa supplier lalu dijadiin satu toko. 

Beda dengan dropshipper. Kalau suppliernya beda, dia bakal bingung dengan ongkirnya. Misal dia punya supplier A dan B dan barangnya di 1 toko online. Nah kebetulan pelanggannya pesan 1 barang supplier A dan 1 barang supplier B. Nah loh, gimana coba hitung ongkirnya.

 

 

KEUNTUNGAN JADI DROPSHIPPER DIBANDING RESELLER

Pekerjaan lebih ga repot.

Kalau kamu punya platform dropship canggih kayak AdminCerdas, kerjaanmu bakal ga repot. Karena semua hal Aci jalanin dengan otomatis. Kemungkinan barang tidak sesuai stok dikit. Jadi, kamu tinggal pesan aja dengan aplikasi ke suppliermu, lalu selesai deh kerjaan kamu. Supplier yang akan packing dan kirim barang.

Kalo jadi reseller, jauh lebih repot. Kamu harus pastiin stok mu bagus. Terus, kamu harus mikir, semakin ramai tokomu, semakin kamu harus mulai paham manajemen. Tau cara rekrut orang, tau cara manajemen inventori, dan lain-lain. 

Modalnya kecil.

Jadi dropship butuh modal yang kecil. Soalnya, yang kamu perlukan hanya jualin barang supplier kamu. Kamu ga perlu keluar duit buat beli barangnya dulu. 

Kalo reseller memang lebih butuh banyak modal. Soalnya kamu harus stok barang kamu. Kan ga mungkin kamu stok cuman 1 jenis barang aja. Kamu harus stok banyak barang, dan masing-masing harus punya stok yang cukup banyak. Nah, untuk itu kan kamu harus beli barangnya dulu. Jadi emang perlu modal yang cukup besar.

Resikonya rendah.

Sebagai dropshipper nih, misalnya barang yang kamu jual ga laku, kamu juga ga rugi. Kan supplier kamu yang pusing kalo barangnya ga laku. Modal yang kamu keluarin kan sedikit. Contohnya nih, di AdminCerdas, kamu hanya keluar Rp 50.000 untuk buka online shop kamu. Rugi pun kan kecil.

Nah kalo reseller, resikonya cukup tinggi. Soalnya, belum tentu barang kamu laku kan di pasaran? Padahal barang itu udah kamu beli duluan. Nah, kalo sampai barangnya tidak laku, kamu harus mikirin cara gimana barang kamu bisa habis. Memang resikonya lebih besar, tapi seringkali, profitnya juga lebih besar loh.

TERUS LEBIH ENAK MANA? JADI RESELLER ATAU DROPSHIPPER NIH?

Nah, Aci sebetulnya punya jawaban yang cukup bagus. Gini. Kamu ga boleh memandang bisnis online shop ini bisa langsung sukses. Semua butuh perjuangan. Ga ada bisnis yang mudah dan PASTI sukses. Kamu harus beneran perjuangkan supaya bisa jalan bisnisnya.

 

Nah, terus, bisnis online shop ini juga bukan buat semua orang loh. Kalo orang bilang, enak bisnis online shop gampang, itu salah besar! Bisnis online shop itu walaupun ga susah, tapi juga ga gampang. 

 

Aci kasih ilustrasi nih. Kalau kamu kerja, mungkin kamu digaji 4 juta per bulan. Kalo bisnis online shop, bisa aja lebih. Misal kamu dapat 10 juta nih. Tapi, ini ga pasti loh. Bisa aja ada bulan ramai sama bulan sepi. Nah, biasanya pas bulan sepi kan stress tuh. Sedangkan kalo kamu kerja di kantor, tiap bulan pasti gajian. Asal kerja kamu oke, kemungkinan dipecat juga ga tinggi.

 

Nah, saran Aci sih, kalo memang kamu mau bisnis online, jangan lepasin dulu kerjaan kamu. Jadi dropshipper dulu supaya kamu tau suka duka ngejalanin online shop. Kan modalnya kecil nih. Kalau dengan bantuan Aci, kamu bisa buka online shop kamu dengan mudah, cepat, dan terintegrasi dengan Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Jadi, istilahnya ini buat masa percobaan kamu.

 

Kalau kamu udah ngerasa cocok dan sudah mulai banyak penjualan, kamu bisa beralih menjadi reseller. Supplier Aci juga menyediakan ini kok. Stok aja barang dari beberapa supplier, lalu kamu buka online shop dengan variasi barang yang lebih banyak.

 

Kesimpulannya, coba dulu jadi dropshipper selama 1 tahun. Kejar dapat pemasukan tambahan, bukan pemasukan utama. Kan lumayan kalo gaji kamu 4 juta misalnya, terus dari online shop kamu tambah 2 juta. Lumayan banget kan? Nah.. setelah kamu mahir, ubah bisnis kamu dari dropshipper menjadi reseller. Mulai stok barang kamu. Kejar pemasukan 10 juta per bulan. Paling ga, kamu udah biasa banget ngejalanin online shop. Jadi, kamu bisa stok sendiri dan atur pengiriman kamu sendiri.

TIPS BUAT ONLINE SHOP SUPAYA BANYAK PENJUALAN

Nah, terakhir Aci mau bagi-bagi tips nih. Supaya online shop kamu ramai, kamu perlu melakukan hal-hal berikut ini:

Buat toko online yang menarik

Toko online kamu harus menarik. Buat websitenya dan logonya. Yang terpenting dari sebuah toko online adalah kepercayaan dari pelanggan kamu. Susah bikin website? Daftar aja di Aci. Aci bikinin. Bingung bikin logo? Ikutin tutorial ini! 

Sambungkan toko online kamu ke e-commerce / marketplace

Orang sekarang banyak yang cari barang ke e-commerce / marketplace. Kamu harus manfaatin ini, supaya barang daganganmu makin laku! Kamu bisa klik DI SINI dan DI SINI untuk belajar cara sambungin toko online kamu ke marketplace

Promosi di Instagram

Jangan lupa dengan Instagram! Instagram ini adalah pintu masuk orang untuk lihat-lihat barang kamu! Bikin instagram page kamu semenarik mungkin, jadi begitu orang lihat, orang langsung pengen beli barangmu. Penasaran cara bikin Instagram yang bagus? Masuk link ini yuk!

 

Terus konsisten melakukan ini, Aci jamin toko online kamu pasti laku!

 

Selamat berjualan~~