Mengenal Marketplace Management System

Mengenal Marketplace Management System - Saat ini banyak sekali orang yang menjual barang ke marketplace management system dan mendapatkan keuntungan yang besar darinya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan penggunaan internet, peran marketplace management system dalam proses jual beli menjadi penting. Hal ini dikarenakan pembeli memiliki lebih banyak pilihan barang yang mereka cari dan proses pembelian yang cukup mudah.

Tidak hanya untuk memesan barang, menurut Lengow, lebih dari 60% penjualan terjadi melalui Marketplace Management System, dan beberapa perusahaan paling sukses di seluruh dunia seperti Airbnb, Amazon, Uber beroperasi di bawah model ini.Di permukaan, tampaknya mengelola dan mengetahui seluk beluk marketplace management system jauh lebih kompleks daripada bisnis sejenis lainnya, karena sifatnya sebagai platform multi-vendor.

Faktanya, ini adalah model bisnis yang sangat ramping dan skalabel termasuk untuk pemula. Jadi, bagaimana kita sebenarnya mendefinisikan marketplace management system, dan apa bedanya dengan toko online dan bisnis iklan baris? Baca terus untuk artikel ini.

Perbedaan Marketplace management system Dan Toko Online

Marketplace management system online adalah platform di mana vendor dapat berkumpul untuk menjual produk atau layanan mereka ke basis pelanggan yang dikuratori. Perannya sendiri adalah untuk menyatukan vendor dan pelanggan yang tepat untuk mendorong penjualan melalui platform multi-vendor.

Penjual juga memiliki tempat untuk mendapatkan dan meningkatkan visibilitas dan menjual produk mereka, menggunakan fitur tertentu yang biasanya dibayar. di sisi lain seperti toko tunggal yang menjual produknya sendiri secara online. Semua pemasaran dan operasi akan dikelola oleh perusahaan yang memiliki situs web dan produk. Marketplace management system online biasanya tidak memiliki inventaris yang dijual platform mereka, tidak seperti pemilik toko online.

Oleh karena itu, marketplace management system menyerahkan sisi operasional bisnis kepada vendor sambil berfokus terutama pada mempromosikan merek mereka dengan tujuan mengarahkan lalu lintas ke platform dan mengubah kunjungan situs menjadi penjualan.Contoh marketplace management system dengan skala dan inventory yang besar di dunia seperti Amazon, Rakuten dan lainnya.

Di Indonesia terdapat marketplace management system yang cukup terkenal seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Lazada. Di sisi lain, toko online hanyalah satu perusahaan, seperti Zara, Apple atau Nike, yang menjual produknya sendiri secara online melalui toko online-nya.

Hal Utama Yang Ada Di Marketplace management system

Untuk membantu bisnis memutuskan model mana yang paling cocok untuk mereka, kami telah menjelajahi beberapa fitur marketplace management system yang membedakannya dari toko online, dan apa yang membuatnya menarik bagi wirausahawan digital.

Mereka memungkinkan manajemen inventaris yang mudah (di sebagian besar marketplace management system, mereka tidak memerlukan stok yang dipegang oleh marketplace management system), mereka lebih terukur dan memungkinkan manajer marketplace management system untuk lebih fokus pada pengguna akhir. Berikut adalah gambaran yang lebih rinci:

Tidak Perlu Menyimpan Stok

Marketplace management system adalah bisnis besar yang berurusan dengan banyak vendor, yang menyediakan katalog mereka, dan biasanya membawa lebih banyak inventaris daripada toko online. Apakah ini berarti bahwa mereka lebih kompleks untuk dikelola? Belum tentu. Padahal, yang sering terjadi justru sebaliknya.

Sebagai pemilik toko online, Anda diharuskan untuk mengelola stok dan inventaris Anda sendiri, mereka biasanya perlu banyak berinvestasi dalam akuisisi dan manajemen gudang ketika memulai bisnis. Di sisi lain, katalog yang ditawarkan di marketplace management system dipegang oleh vendor eksternal sehingga investasi dalam pengelolaan gudang tidak ada atau terpisah.

Mendapatkan Lebih Banyak Kepuasan Pelanggan

Saat mengoperasikan toko online, ada banyak hal yang harus dipikirkan seperti, manajemen situs, layanan pelanggan, pemasaran, penjualan, media sosial, konten, dan banyak lagi. di sisi lain, ketika menjalankan bisnis di marketplace management system, fokus utamanya adalah menawarkan platform terbaik kepada pengguna: vendor marketplace management system, dan pelanggan yang mereka jual.

Hal Ini berarti mereka dapat benar-benar fokus pada penambahan nilai bagi penggunanya dan mengoptimalkan berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan konsumen mereka dengan sebaik-baiknya.Tentu tidak ada yang bilang menjalankan bisnis online marketplace management system itu mudah.

Karena Banyak pekerjaan yang dilakukan untuk kurasi dan moderasi konten. Menciptakan marketplace management system hiper-vertikal, misalnya, yang berfokus pada ceruk tertentu membutuhkan banyak kerja keras dari pemilik marketplace management system dalam menemukan penjual dan membawa produk yang tepat.

Upaya itu membuahkan hasil. Dengan banyaknya vendor yang berjualan di bawah satu atap, marketplace management system menjadi tempat yang sangat menarik bagi konsumen untuk mencari pilihan yang lebih murah dan alternatif baru. Marketplace management system yang dikelola dengan baik dapat menjadi komunitas besar dengan pelanggan dan penjual yang sangat puas.

Model Bisnis Yang Ramping Dan Skalabel

Marketplace management system online menawarkan pemilik model bisnis yang sangat ramping dan terukur. Beberapa perusahaan terbesar di dunia yang memberikan contoh yang bagus misalnya, tidak memiliki mobil sendiri, tidak memiliki apartemen, dan tidak memiliki sebagian besar barang dan jasa yang mereka jual.

Sementara bisnis konvensional lainnya perlu menjual lebih banyak barang, atau jasa, untuk mencapai titik impas, marketplace management system memastikan mereka fokus pada platform, menjangkau lebih banyak konsumen, dan memastikan skala ekonomi tercapai. terkejut dengan apa yang bisa mereka capai dengan tim yang relatif kecil.

Apa Saja Fungsi Dan Manfaat Marketplace management system?

Anda ingin menggunakan marketplace management system? Saat ini, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat atau fungsi marketplace management system untuk berbagai keperluan, termasuk bisnis. Di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

Sebagai Tempat Berkumpulnya Pembeli

Anda bisa menggunakan Marketplace management system sebagai tempat berkumpulnya pembeli. Tidak hanya di satu kota, namun berbagai pembeli dari seluruh kota di Indonesia bisa menjangkaunya. Dengan begitu, hal ini sangat menguntungkan bagi para penjual yang ingin mendapatkan pembeli dengan lebih mudah.

Dengan memanfaatkan marketplace management system, pembeli akan lebih mudah mengenal toko Anda. Artinya, bagi Anda yang berprofesi sebagai pedagang atau penjual, tidak perlu kesulitan mencari calon pembeli.

Sebagai Penghubung Antara Pembeli Dan Penjual

Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari marketplace management system sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Pembeli akan lebih mudah mendapatkan penjual dengan mengakses marketplace management system yang ada. Dengan begitu, kebutuhan pembeli bisa cepat didapat meski hanya melakukan transaksi online.

Tidak hanya itu, keuntungan yang satu ini juga cukup jelas menguntungkan dari sisi penjual. Hanya dengan memasang produk yang dijual, penjual hanya perlu menunggu dan melayani pembeli karena marketplace management system sudah langsung menghubungkan mereka.

Sebagai Hubungan Antara Pedagang Dengan Pedagang Lainnya

Siapa sangka Anda juga bisa memanfaatkan marketplace management system untuk menjalin silaturahmi antara satu trader dengan trader lainnya. Dengan begitu, bagi Anda yang merupakan pedagang yang ingin bertukar pikiran dengan pedagang lain, baik itu tentang produk atau hal lainnya, Anda dapat dengan mudah terhubung. Tidak hanya itu, jika Anda sebagai sesama trader ingin menjalin hubungan kerjasama, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lebih dari satu sama lain.

Demikian ulasan tentang Mengenal Marketplace Management System semoga bermanfaat.