Perubahan Pengaturan Jasa Kirim Shopee

Bingung melakukan pengaturan jasa kirim untuk toko kamu karena perubahan baru di Shopee?

ACI kasih tahu nih langkah-langkahnya!

ACI kasih tahu nih langkah-langkahnya!

Apa sih yang berubah dari cara pengaturan pengiriman?

 

Sebetulnya, yang berubah dari pengaturan jasa kirim Shopee ini hanya interface atau antar mukanya saja. Artinya, Shopee tetap bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan pengiriman yang sama, dan harganya juga sesuai dengan ketentuan Shopee. Tapi, yang bisa ACI pastikan, Shopee justru MEMPERMUDAH cara pengaturan pengiriman. 

 

Secara umum, Shopee memiliki 2 cara untuk melakukan pengaturan pengiriman. Yang pertama pengaturan pengiriman pada level toko, dan yang kedua adalah pengaturan pengiriman pada level produk. ACI akan jelaskan satu per satu ya.

 

Pengaturan pengiriman pada level toko

Pengaturan pengiriman ini dapat kamu lakukan pada level toko. Artinya, dalam sekali pengaturan, kamu akan menentukan jasa kirim apa aja yang bakal kamu pakai dan ini akan berlaku untuk semua produk kamu. Pengaturan pengiriman pada level toko ini HARUS DILAKUKAN terlebih dahulu sebelum kamu melakukan pengaturan pengiriman pada level produk.

Pengaturan pengiriman pada level produk

Pada level ini, kamu bisa melakukan assign atau mengatur jasa pengiriman tiap-tiap produk. Hal ini sangat bermanfaat kalau memang kamu memiliki berbagai macam variasi produk, terutama di berat atau besar packagingnya. Misalnya kalau kamu menjual alat elektronik, kan ada yang beratnya cuman 10 kg, ada juga mungkin yang beratnya sampai 100 kg. Kalau memang terjadi seperti ini, kamu bisa menyalakan jasa kirim yang sesuai yang bisa mengangkut barang yang lebih dari 100 kg seperti JNE JTR. Untuk informasi yang lebih detail tentang berat maksimal masing-masing jasa pengiriman, KLIK DI SINI!

Langkah melakukan pengaturan jasa pengiriman di Shopee

Nah, sekarang ACI akan masuk langkah-langkah detail cara mengatur jasa pengiriman di Shopee ya. ACI akan terlebih dahulu memberitahukan cara mengatur jasa pengiriman pada level toko, lalu ACI juga bakal tunjukkan cara mengatur jasa pengiriman pada level produk. Yuk kita mulai!

 

Mengatur jasa pengiriman pada level toko

Pertama-tama, masuk Shopee Seller Center, lalu masuk pada Pengaturan pengiriman.

 

01 masuk peraturan pengiriman

 

Nah, sekarang pengaturan pengiriman ini di grup berdasarkan tipe. Ada tipe Reguler Cashless, Reguler Non-Cashless, Hemat, Same Day, Instant, Next Day, dan Jasa Kirim Lainnya. Kayak gambar di bawah nih.

 

02 sekarang di group

 

Kalau pilihan jasa kirim belum tampil, klik "Buka" untuk bisa mengetahui jasa kirim apa saja yang masuk ke tipe-tipe tersebut. Kalau sudah ada, tidak perlu klik yah... ACI kasih contoh 1 ya, yang Reguler Cashless.

 

03 klik buka

 

Setelah di klik akan muncul pilihan jasa kirim yang termasuk tipe Reguler Cashless seperti ini:

 

04 setting jasa kurir

 

Nah di sini, kalau kamu ada jasa COD, kamu bisa klik COD di kiri atas seperti yang ACI tunjukin di gambar di atas tuh. Lalu, kamu juga bisa aktifkan jasa kirim yang kamu mau. Pada contoh di atas, yang ACI aktifkan hanya SiCepat REG, J&T Express, dan JNE Reguler. Sisanya ACI ga aktifkan karena memang untuk toko ini, pengiriman yang dekat tempatnya cuman 3 itu.

 

Setelah itu, lakukan sama seperti langkah ini untuk setiap tipe pengiriman.

 

Nah,sampai di sini, kita sudah selesai melakukan pengaturan jasa kirim pada level toko.

 

Mengatur jasa pengiriman pada level produk

Setelah melakukan pengaturan jasa pengiriman pada level toko, kita bisa masuk ke jasa pengiriman pada level produk. Yuk simak langkahnya!

 

Pertama, masuk ke beranda Shopee Seller Center dan klik pada tab Produk Saya

 

05 masuk produk saya

 

Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman produk kamu. 

 

06 pilih salah 1

 

Lalu pilih salah satu produk untuk masuk ke halaman pengaturan produk.

 

07 scroll ke pengiriman

 

Setelah itu, scroll ke bawah sampai kelihatan bagian Pengiriman. Nah, di sini kamu bisa nyalakan atau matikan TIPE JASA KIRIM YANG KAMU MAU. Tapi, yang bisa dinyalakan atau matikan HANYA TIPENYA SAJA, kamu tidak bisa memilih masing-masing jasa kirimnya. Kalau kamu mau mematikan salah satu jasa kirim, kamu harus mematikannya di LEVEL TOKO

Nah, pengaturan jasa kirim kamu di level produk sudah selesai... Mudah kan? 

Selamat mencoba~~

Ingin punya toko online yang stoknya bisa nyambung ke marketplace?