Tips Mencari Supplier Dropship Terpercaya

Ingin mulai bisnis dropship kamu?

Salah satu langkah penting buat kamu yang pengen mulai bisnis dropshipper adalah mencari supplier. Kamu perlu daftar dropship pada supplier ini supaya boleh menjualkan barang mereka. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mencari supplier dropship terpercaya dan murah? Yuk Aci kasih tips!

Salah satu langkah penting buat kamu yang pengen mulai bisnis dropshipper adalah mencari supplier. Kamu perlu daftar dropship pada supplier ini supaya boleh menjualkan barang mereka. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mencari supplier dropship terpercaya dan murah? Yuk Aci kasih tips!

Sebelumnya… apa itu dropshipping?

Sebenernya, Aci udah kupas tuntas tentang reseller, reseller dropship, sekaligus beberapa tips pada artikel ini. Tapi, Aci kasih versi singkat ya. Dropshiper adalah (atau penulisan yang benar dropshipper) sebuah metode menjual online dimana kamu ga perlu modal besar. Kamu hanya menjualkan produk supplier tanpa harus membeli dulu barangnya. Profitnya lebih kecil dari reseller, tapi pekerjaan yang dilakukan juga tidak repot. Lebih lengkapnya cek artikel ini ya!

Pentingnya supplier yang tepat untuk bisnis dropship kamu

Ingat, dalam bisnis dropship, kamu adalah penjualnya. Jadi, kamu yang harus menghadapi customer kamu, bukan supplier kamu. Makanya, penting banget kamu memilih supplier yang betul-betul terpercaya. Karena kalau sampai ada masalah (misalnya stok sering habis, pengiriman lambat, dan lain sebagainya) kamu yang bakal dimarahin sama customer. Bukan mereka. 

Cara memilih supplier yang terpercaya untuk bisnis kamu

Nah, supaya hal-hal kayak gitu ga terjadi sama online shop kamu, yuk simak tips memilih reseller berikut!

 

 

Tips #1 - Supplier kamu harus responsif

 

Kamu bakal sering berhadapan dengan customer kamu. Nah, kalo di Indonesia, customer itu suka ga baca deskripsi barang di toko kamu. Pertanyaannya banyak banget. Nah, kadang ada pertanyaan-pertanyaan yang kamu ga tau. Akhirnya kamu mesti tanya dong ke supplier kamu.

 

Nah, supplier kamu mesti responsif dalam jawab chat kamu. Soalnya, kalau supplier balas chatnya lama, kamu juga yang bakal kena marah sama customer. Misal customer tanya kamu jam 9 pagi, baru kamu jawab jam 4 sore, bisa-bisa dia malah pindah toko!

 

Jadi, kamu mesti cari supplier yang mampu jawabin chat kamu dengan cepat. Terutama terkait pertanyaan yang sering banget ditanyain. Misalnya nih, stok barang ada atau tidak, minta foto barang, cek ongkir, atau kalau customer nanya pesanannya sampe mana.

 

Tips #2 - Pengiriman dari supplier harus cepat

 

Nah, kalau soal pengiriman, kamu kudu paham kalau pengiriman ini sebetulnya ada hubungannya dengan kurir dan supplier. Kamu harus pilih supplier yang memang bisa mengirim dengan cepat. Maksudnya cepat bukan saat kamu order, saat itu juga barang akan dikirim. Ingat, supplier kamu pasti mengirim ratusan barang tiap harinya. Ga mungkin hanya 1 barang akan langsung dikirim. Supplier kamu pasti kumpulin dulu order hari itu, lalu dipacking, baru dikirim.

 

Perhatikan ya, biasanya supplier akan menulis ketentuan pengiriman barang kayak gini:

 

“Barang yang diorder setelah jam 3 sore akan diproses hari berikutnya.”

 

Nah, kamu juga harus tulis keterangan itu di toko kamu. Jadi, paling tidak kalau kamu kena komplain, kamu bisa kasih customer kamu penjelasan kalau memang barangnya tidak dikirim hari ini karena order masuk setelah jam 3. Tapi, kalo orderannya masuk jam 2.55, kamu harus siap sedia segera order ke supplier. Nah ini nyambung dengan tips #3 nih.

 

Tips #3 - Pastikan supplier kamu punya platform dropship atau alat pendukung dropshipper

 

Maksudnya gimana nih? Aci jelasin ya. Supplier itu kadang ada yang masih konvensional. Artinya, orderan masuk hanya lewat WhatsApp atau Instagram. Nah, kalau cari supplier, jangan supplier yang model begini. Ingat, supplier kamu terima ratusan order tiap hari. Kalo lewat WhatsApp, bisa-bisa orderan kamu kelompatan.

 

Pastikan supplier kamu memiliki platform dropship yang andal dengan penjelasan yang sejelas-jelasnya. Jadi, kamu bisa order dengan cepat. Saat ada orderan masuk mepet dengan jam kerja supplier, kamu bisa tetap order dengan sangat cepat.

 

Platform favorit Aci sih tentu saja AdminCerdas. Di platform ini, kamu bahkan bisa lihat-lihat dan pilih barang supplier kamu!

Aci lanjutin yah buat tipsnya...

Nah, tips terakhir ini adalah tips yang buat Aci super duper sangat amat penting sekali. Kalau kamu belum lihat tips ini, mendingan jangan jadi dropshipper dulu!

Tips #4 - Pastikan produk supplier bagus

 

Nah, kalau jualan, ujung-ujungnya adalah barang yang bagus. Kalau barang kamu bagus, kamu sudah selangkah lebih maju daripada saingan-saingan kamu. Pastikan produk supplier kamu bagus-bagus sebelum kamu melakukan daftar dropshipper ke supplier kamu. 

 

Caranya gimana supaya kamu bisa tahu? Sebelum kamu daftar dropship, beli dulu beberapa barang mereka. Bisnis dropship memang bisnis modal kecil, tapi bukan berarti kamu bisa jualan online tanpa modal. Nah, pastikan kamu menyisihkan uang untuk mencoba dulu produk supplier kamu, lalu kamu cek sendiri kualitasnya. 

 

Misalnya kamu ingin dagang baju. Nah, pastikan kamu beli beberapa baju di supplier kamu, lalu lihat. Apa jahitannya bagus dan rapi? Apa bahannya sesuai dengan deskripsi? Apa sekali cuci langsung rusak? Nah, kalau kamu sudah periksa sendiri dan yakin dengan kualitas barangnya, kamu bisa kontak supplier tersebut untuk daftar dropshipper.

 

Kesimpulannya…

 

Walaupun menjadi reseller dropship ini bukan bisnis yang susah untuk dimulai, kamu masih perlu memeriksa calon-calon supplier kamu. Jangan hanya melihat 1 supplier. Cari sebanyak mungkin dan periksa barangnya, ketentuannya, dan caranya merespon chat kamu. Kalau kamu sudah yakin, segera kontak supplier itu untuk daftar dropship!

Ingin lihat supplier pilihan AdminCerdas?