Tips Reseller Dropship: Menggunakan Instagram untuk Berjualan (1)

Aku reseller dropship nih… kalau jualan itu enak di Instagram atau Marketplace kayak Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak sih?

Sebenernya, jualan itu harus di SEMUA media ya kak. Karena yang namanya pelanggan itu ada yang suka belanja di Instagram (istilahnya Social Commerce), ada juga yang suka belanja di Shopee, suka di Tokopedia, atau Bukalapak. Jadi sebagai reseller dropship, sebaiknya semua media ini dipakai saja.

Sebenernya, jualan itu harus di SEMUA media ya kak. Karena yang namanya pelanggan itu ada yang suka belanja di Instagram (istilahnya Social Commerce), ada juga yang suka belanja di Shopee, suka di Tokopedia, atau Bukalapak. Jadi sebagai reseller dropship, sebaiknya semua media ini dipakai saja.

Pentingnya menggunakan Instagram untuk Berjualan

Nah, kali ini Aci mau bagiin nih, caranya menggunakan Instagram untuk berjualan online. Entah kamu tipe seller yang mendatangkan barang sendiri, reseller, atau reseller dropship, kamu butuh Instagram. 

 

Kenapa sih kok butuh? Soalnya, Instagram ini beda dengan yang namanya e-commerce. Instagram ini bisa kamu ubah sesuai kemauanmu, dan bisa sambungin olshop kamu ke e-commerce kamu melalui link.

 

Jadi, misalnya ada orang yang masuk ke Instagram kamu. Terus, dia lihat-lihat produk kamu kan, lewat post-post kamu. Nah, kalau dia tertarik, dia bisa ngelakuin hal-hal ini:

  1. Kalau dia suka belanja di Instagram, dia bakal DM kamu atau comment di post kamu.

  2. Kalau dia suka belanja di marketplace, dia bisa lihat ke profil kamu, lalu cari link yang nyambung ke marketplace yang dia suka.

 

Nah… Kalau pelanggan kamu suka belanja di Shopee tapi kamu ga punya olshop di Shopee, bisa-bisa dia ga jadi beli loh. Soalnya males buat download Tokopedia atau Bukalapak, males bikin akunnya lagi, dan lain-lain. Jadi, memang mending kamu punya dulu olshop di semua marketplace.

 

Tips menjalankan Instagram untuk mendukung jualan online kamu

Nah, karena Aci udah jelasin kenapa Instagram itu penting, sekarang Aci mau bagikan nih tips-tips nya supaya kamu bisa pakai Instagram dengan maksimal. Kalau kamu jalanin tips-tips ini secara KONSISTEN, maka penjualan online kamu pasti tambah ramai.

 

Ingat ya, yang paling utama di sini adalah KONSISTEN!. Jangan dijalanin cuman sehari - dua hari terus pengen langsung dapat penjualan. Instagram ini tujuannya adalah supaya semua penjual online, baik reseller, dropshipper, atau seller yang mendatangkan barang sendiri, bisa berkomunikasi dan membangun hubungan sama pelanggan kamu.

 

TIPS 1: Beli akun Instagram dengan followers 10k++ (Boleh dilakukan, boleh tidak)

Nah, tips yang pertama ini sifatnya optional ya. Boleh kamu lakukan, boleh tidak. Tapi kalo tips ini dilakukan, kamu bakal lebih cepat mendapatkan penjualan pertama kamu lewat Instagram. 

 

Kenapa sih kamu perlu beli akun Instagram dengan followers 10k++? Pertama, karena kalau followers kamu sudah 10k, maka kamu akan bisa mendapatkan fitur yang namanya SWIPE UP atau GESER KE ATAS saat kamu posting instagram story. Nah, SWIPE UP ini bisa kamu isiin dengan link ke marketplace kamu. Jadi, kalau orang SWIPE UP, langsung deh dia masuk ke toko kamu di Shopee misalnya. Jadi, mereka bakal enak banget belinya. 

 

Cara menggunakan fitur SWIPE UP bisa kamu cek DI SINI.

 

Alasan kedua adalah supaya olshop kamu dipandang bonafide / terpercaya oleh calon pelanggan kamu! Coba kalo kamu masuk olshop yang followers nya cuman 6. Beda kan rasanya sama lihat olshop yang followersnya 20k?

 

Nah, belinya di mana? Gampang banget… tinggal buka Google, lalu ketik “beli followers instagram shopee” kayak gambar di bawah ini:

 

 

Lalu kamu tinggal pilih aja salah satu dari hasil yang muncul. Misalnya ini:

 

 

Tinggal kontak sellernya, lalu beli deh! Ingat, selalu chat dulu ya, minta screenshot supaya terbukti Instagramnya emang bagus.

 

Tips 2: Buatlah Akun Instagram Bisnis

Nah, tips kali ini WAJIB hukumnya. Ini yang menandakan akun kamu emang sebuah akun bisnis yang memang menjual sesuatu. Orang bakal makin percaya kalo akun kamu ini bener-bener terpercaya!

 

Cara buatnya bisa lihat DI SINI!

 

Tips 3: Pastikan profile Instagram kamu lengkap

Ini juga wajib yah kak. Buat lengkapin profile, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan:

  1. Bikin logo olshop kamu. Logo olshop bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan juga loh. Caranya mudah banget. Bisa KLIK DI SINI untuk belajar membuat logo olshop.

  2. Nama IG harus relevan dengan PRODUK YANG DIJUAL dan LOKASI. Jadi kalau bisa, jangan pakai nama toko kamu. Tapi nama kayak “@JualBajuAnakImpor.Jaksel”. Ini supaya toko kamu muncul saat ada orang yang search di Instagram.

  3. Website harus diisi! Website ini sangat penting sekali lagi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan kamu. Nah, kalo belum punya website toko online, bisa KLIK DI SINI untuk jadi reseller dropship dan dapatkan website gratis beserta barangnya sekaligus. Sudah punya barang? KLIK DI SINI untuk dapetin website gratis kamu sekarang. 

  4. Nah, kalau kamu sudah punya website, Aci sarankan kamu pakai tool ajaib yang namanya Linktree supaya alamat website yang ada di Instagram kamu bisa banyak. Jadi, bisa diisi website, shopee, tokopedia, dan WA. Cek caranya DI SINI!

  5. Bio HARUS diisi dengan kalimat pencitraan. Misalnya seperti “Barang yang kami jual 100% original! No tipu2!” atau “Jangan dibandingkan dengan produk sejenis dengan kualitas rendah! Barang kami kualitas ekspor!”. 

  6. Public business information harus diisi, kayak no telepon, email, dan alamat. Buat reseller dropship, alamat ga usah diisi tidak apa-apa.

Sambung di artikel kedua yah!

Nah, sampe di sini, Aci minta kamu lakukan dulu ya tips-tips ini. Lalu, segera lanjut ke artikel kedua untuk mempelajari penggunaan Instagram secara lebih mendalam!

 

Selamat mencoba ~~